Pentingkah Menentukan Target di Social Media (KPI) ?

Pentingkah Menentukan Target di Social Media (KPI) ?

Bila Anda yang telah terbiasa dengan target-target yang harus dicapai mungkin tidak asing dengan istilah ini namun bagi sebagian besar pengusaha UKM mungkin masih asing dengan istilah ini. KPI atau kependekan dari Key Performance Indicator merupakan akronim dari target yang harus dicapai dari suatu pekerjaan. Dalam konteks ini saya akan membahas mengenai areasocial media.

Sebelum memulai sebuah proyek atau pekerjaan tertentu, sebuah perusahaan besar akan menentukan berapa besar dan berapa lama target yang harus dicapai oleh pelaksana kegiatan tersebut namun biasanya untuk para pengusaha UKM seringkali tidak melakukan ini khususnya dalam memaksimalkan social media mereka.

KPI atau targetan yang harus dicapai menjadi tolak ukur dalam merumuskan strategi apa saja yang harus dilakukan untuk mencapainya. KPI bisa berupa jumlah follower di Twitter, jumlah fansdi Fanpage, total score engagement, total impressions atau total pengunjung Website, tergantunggoal yang ingin dicapai.

Tentukan KPI jangan terlalu rendah karena tidak akan memotivasi Anda untuk berkembang namun juga jangan terlalu tinggi hingga terlihat mustahil. Buatlah target yang visible untuk dicapai dan tambahkan nilainya lebih tinggi sehingga bila meleset maka tidak akan terlalu jauh dengan yang diinginkan.

Perlahan namun pasti tingkatkan KPI yang harus Anda capai agar terlihat perkembangan dari akun social media Anda. Misal dalam 3 bulan awal Anda menargetkan penambahan 600 followerbaru setiap bulannya maka di 3 bulan setelahnya targetkan yang lebih besar misal 800 followerbaru per bulan lalu selanjutnya dapat meningkat menjadi 1000 follower baru.

KPI tidak sama untuk semua bidang karena masing-masing bidang menggunakan pendekatan yang berbeda untuk mencapainya. Sebagai contoh, KPI yang kami berikan untuk bidang asuransi tidak akan setinggi untuk bidang teknologi dengan kondisi brand identity yang hampir sama dikenal masyarakat.

Setelah menentukan KPI, susunlah strategi yang harus dilakukan untuk mencapai KPI tersebut dan lakukan monitor setiap harinya untuk melihat efektivitas strategi yang dilakukan. Make it simple untuk melakukan monitor ini, Anda dapat menggunakan bantuan excel atau aplikasi sejenisnya untuk membantu Anda.

Atau bila memang KPI yang ditetapkan cukup besar maka Anda dapat melakukan monitor lebih intensif. Sebagai contoh, kami di Ednovate bila memang KPI yang ditentukan cukup besar, kami sampai menuliskannya di sebuah papan tulis khusus beserta dengan strategi yang harus dilakukan dan dievaluasi setiap harinya.

Dengan adanya KPI ini maka kita akan lebih terpacu untuk mengembangkan social media yang kita miliki sehingga perkembangan yang diinginkan dapat semakin terlihat dan pada akhirnya dapat digunakan untuk menunjang usaha kita. Bila perusahaan besar saja melakukan hal ini untuk membuat mereka menjadi lebih berkembang, mengapa Anda pengusaha UKM tidak melakukannya di social media Anda ?

Masih berpikir KPI tidak penting?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar